UPGRIS – IST AKPRIND Yogyakarta Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berkolaborasi dengan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa sesuai standar Kemdikbudristek. Penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) kedua perguruan tinggi ini dilaksanakan di ruang kerja pimpinan, kampus 1 IST AKPRIND, Kamis (3/8/2023). 

Rektor IST AKPRIND, Dr. Edhy Sutanta, ST., MKom menyambut baik kehadiran perwakilan UPGRIS untuk berkolaborasi demi kemajuan pendidikan. “Kita akan mendiskusikan lebih lanjut program kerja yang akan dilakukan sebagai implementasi dari kerja sama antara IST AKPRIND dengan UPGRIS,” ujarnya.

Sementara, Wakil Rektor IV UPGRIS, Dr. Nur Khoiri, SPd., MT., MPd menegaskan, UPGRIS merupakan perguruan tinggi swasta yang saat ini tengah berkembang pesat dan terus berupaya untuk menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain.

“Bekerja sama dalam berbagai aspek sangatlah penting, salah satunya ialah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apalagi dengan adanya program Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Kemdikbudristek,” terangnya.

Khoiri berharap kedepan, kedua perguruan tinggi dapat bersinergi terutama dalam penerapan Tri Dharma sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan. 

Selanjutnya pada sesi diskusi, dibahas beberapa aspek yang menjadi concern dua perguruan tinggi, yakni semakin ketatnya persaingan perolehan hibah dan pendanaan Kemdikbud dan strategi untuk mempertahankan peringkat perguruan tinggi. 

Kerja sama tersebut nantinya akan berfokus pada program-program penerapan Tri Dharma. Kolaborasi antara IST AKPRIND dengan UPGRIS merupakan langkah penting untuk mencapai tujuan dua perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan, pengajaran, serta penelitian.