Visi Misi dan Tujuan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakay (LPPM)

a. Visi dan Misi 1) Visi LPPM Universitas PGRI Semarang adalah menjadikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

dalam bidang pendidikan dan IPTEKS sebagai pendukung terwujudnya dosen dan mahasiswa yang unggul dan ben’atidiri. 2) Misi LPPM Universitas PGRI Semarang

a) Meningkatkan kualitas dosen sebagai peneliti dan pengabdi yang unggul dan berjati diri.

b) Mengembangkan budaya akademik yang berjatidin‘ (dilandasi nilai-nilai Pancasila, religi, kebangsaan, kesetiakawanan, pengabdian dan pe!ayanan).

c) Meningkatkan dan mewujudkan jalinan kerjasama internal dan eksternal.

d) Mengembangkan dan mewujudkan produk-produk unggulan hasil penelitian dan pemberdayaan pada masyarakat.

e) Menfasilitasi peroiehan HKI bagi dosen dan mahasiswa

f) Meningkatkan kemandirian pusat -pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

b.Tujuan

1) Tujuan Umum Tujuan Umum LPPM Universitas PGRI Semarang yaitu berperan aktif sebagai Iembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam menguatkan Sumber Daya Manusia unggul dan berjatidiri serta memanfaatkan keunggulan lokal demi meningkatkan daya saing bangsa dan tercapainya kesejahteraan masyarakat.

2) Tujuan Khusus Tujuan khusus LPPM Universitas PGRI Semarang diuraikan sebagai berikut. a) Menghasilkan tenaga peneliti dan pengabdi yang

unggui dan ben’ati diri.

Mengembangkan manajemen penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang akuntabel, transparan dan partisipatif.

c) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada mayarakat untuk mendukung pencapaian visi-misi universitas dan visi-misi LPPM dengan pendekatan mutidisiplin ilmu.

di Memtokuskan penelitian dan pengabdian kepada

masyarakat dalam bidang 1) pengembangan SDMhumaniora unggul dan berjati diri, 2) pemberdayaan masyarakat dan KKN, 3) ketahanan dan kwmanan pangan, teknotogi informasi dan komunikasi, energi, transpotasi, dan lingkungan, dan 4) kependudukan, perempuan, anak, dan kebencanaan.

🙂 Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai

dengan disiplin ilmu yang dikembangkan UPGRlS. t) Memfasilitasi perolehan HAKl.

>mgram Program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada

Masyarakat Universitas PGRI Semarang adalah sebagai

berikut.

1) Penelitian Berdasar sumber daya yang dimiliki serta isu-isu strategis, pemecahan masalah yang ditawarkan dapat dirumuskan melalui penelitian unggulan Universitas PGRI Semarang untuk mendukung pembangunan karakter. Tema-tema penelitian itu adalah sumber daya manusia unggul dan berjati diri, ketahanan dan keamanan pangan. …l rntormasl dan komunikasi. transportasi. energi dan lingkungan: kependudukan perempuan. enak. dan kebencunaan.

2) Kerjasama Bidang Penelitian Kenasama dilakukan dengan lembaga pemerintah dan Luar Negeri. Dirjen PMPTK. Ditjen Dikti. BKKBN. Pemerintah Prawns. Jawa Tengah. Dinas Pendidikan Jawa tengah. Pemerintah Kota dan Kabupaten (Semarang.… Demak. Pati.
Program Dalam Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi kegiatan pelatihan berbagai keterampilan dan pengetahuan untuk masyarakat, penyuluhan, pelayanan masyarakat, serta pengembangan desa mitra di berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Penyelengaraan Kuliah Kerja Nyata setiap tahun yang melibatkan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta diantaranya dengan Dinas Pendidikan Provinsi (KKN Pemberantasan Buta Aksara di Jawa Tengah, Pemberdayaan Posyandu sebagai pos PAUD), Pangdam IV Diponegoro (kegiatan pelatihan Babinsa sebagai tutor pemberantasan buta aksara), Dinas Pendidikan Kota Semarang (kegiatan Bintek pembelajaran bagi guru, Bintek penggunaan komputer dalam pembelajaran, pelatihan penulisan buku ajar bagi guru SMA), BAPEDA (pendataan penduduk miskin kota Semarang, identifikasi dan klarifikasi penduduk miskin, dan program Gerdu kempling).

Kegiatan yang tidak kalah penting dengan programprogram yang telah disebutkan di atas adalah menjadi mitra guru dalam pengembangan profesi melalui penyelenggaraan kegiatan seperti pelatihan guru, workshop, seminar, penulisan karya ilmiah, penelitian bersama, pengembangan kurikulum dan PBM, pendidikan luar sekolah, dan kegiatan lainnya. Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Pelatihan Model Pembelajaran Ramah Anak (Child Friendly Teaching Model Berbasis CRC dan Pilot Project dengan Lund University dal1

SlDA (Swedish International Development Agency).

Di samping itu, LPPM juga melakukan hal-hal berikut.

a) Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

b) Fasilitasi Perolehan HaKl

c) Kerjasama di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat